Teori Manajemen
Mencakup hal-hal / segala sesuatu yang berhubungan dengan tugas dan fungsi manajerial termasuk organisasi.
Fungsi Manajemen menurut Henry Fayol
1. Perencanaan (Planing)
merupakan pemilihan tujuan dan penetapan kebijakan prosedur dan program-program untuk pencapaian
2. Pengorganisasian (Organizing)
merupakan pengelompokan kegiatan yang harus di lakukan dan menetapkan bentuk serta hubungan keorganisasian untuk menjalankan kegiatan
3. Penyusunan Staff (Staffing)
merupakan pemilihan dan pelatihan orang untuk bekerja dalam suatu organisasi
4. Pengkoordinasian (Coordinating)
merupakan penjadwalan kegiatan dalam urut-urutan yang tepat
5. Pengarahan (Directing)
merupakan kemampuan untuk memimpin, memberi pedoman, pengarahan, dan pemotivasian orang dalam suatu organisasi
6. Pengendalian (Controlling)
merupakan pengumpulan prestasi dan penyimopangan dari rencana
Tingkatan Manajemen ada 3 yaitu :
1. Manajemen Puncak
2. Manajemen Menengah
3. Manajemen Bawah
Struktur Keorganisasian merupakan susunan subsistem dengan hubungan wewnang dan tanggung jawabnya
Model dasar di bagi menjadi :
1. Struktur Hirarki
2. Spesialisasi
3. Lini
4. Staff
5. Wewenang
6. Tanggung Jawab
7. Rentang Kendali (Span of Control)
Model Variasi di bagi 2 yaitu :
- Organisasi berdasarkan produk atau jasa
- organisasi proyek
Ciri - Ciri Sistem Informasi
- Benar atau Salah
adalah berhubungan dengan kebenaran terhadap kenyataan
- Baru
adalah merupakan informasi yang benar - benar baru bagi penerima
- Tambahan
merupakan informasi yang dapat di perbaharui / memberikan perubahan terhadap informasi yang telah ada
- Korektif
merupakan melakukan koreksi terhadap informasi sebelumnya yang salah
- Penegas
merupakan penegas atau pematen semua informasi yang sudah di buat